Halaman

Sabtu, 07 Januari 2012

Ditemukan, Obat Leukemia dari Minyak Ikan


Zat yang disebut delta-12-protaglandin J3 atau D12-PGJ3 itu memusnahkan sel-sel jaringan chronic myelogenous leukemia (CML).

SEJUMLAH ilmuwan di Penn State telah menemukan obat untuk leukemia.

Obat ini terbuat dari kandungan zat yang terdapat dalam minyak ikan.
Zat yang disebut delta-12-protaglandin J3 atau D12-PGJ3 itu memusnahkan sel-sel jaringan chronic myelogenous leukemia (CML). Zat ini diproduksi dari asam lemak Omega-3 yang terdapat dalam ikan dan minyaknya.

Sandeep Prabhu, salah satu anggota tim penelitian ini memaparkan manfaat kandungan asam lemak Omega-3 yang terkandung dalam minyak ikan.
“Penelitian terdahulu menyebutkan asam lemak bermanfaat bagi sistem cardiovascular dan perkembangan otak, terutama pada anak-anak,” tuturnya seperti dikutip Daily Mail.

“Tapi kami juga menemukan adanya metabolit dalam Omega-3 yang sanggup membunuh sel-sel penyebab leukemia,” lanjutnya.

Dalam riset ini, para peneliti menggunakan tikus putih yang disuntik dengan kandungan D12-PGJ3 dari minyak ikan sebanyak 600 nanogram setiap hari selama seminggu.

Hasil tes menunjukkan aliran darah terlihat normal, limpa kembali ke ukuran semula dan yang paling penting, sel-sel leukemia hilang dari organ tikus.

Secara spesifik, D12-PGJ3 menyasar sel leukemia yang terdapat di area limpa dan sumsum tulang. Setelah disuntikkan, D12-PGJ3 membuat sel leukemia mati dengan sendirinya.

Sayangnya, metode pengobatan ini punya efek samping.

“Pasien harus mengonsumsi obat ini terus-menerus. Jika berhenti, penyakitnya akan kambuh dan menyebabkan sel leukemia menjadi kebal terhadap obat,” ungkap Robert Paulson, rekan Prabhu dalam penelitian ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar